Jumat, 25 September 2009

inisiasi 2 semeater 3

SOAL – SOAL INISIASI 2

PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA
Setelah Anda mengkaji materi geometri dan pengukuran, selanjutnya
kerjakan latihan soal berikut ini.
1. Diketahui sebuah jajar genjang dengan panjang alasnya sama dengan 20 cm
dan tinggi 18 cm. Tentukan luas jajar genjang tersebut.
2. Diketahui limas dengan alas berbentuk persegi panjang dimana panjang dan
lebarnya masing-masing sama dengan 12 dan 16 cm. Jika panjang rusuk
miring sama dengan 26 cm, tentukan volume limas tersebut.
3. Diketahui prisma segitiga samasisi dengan panjang sisi sama dengan 8 cm
dan tinggi prisma sama dengan keliling segitiga tersebut. Tentukan luas
permukaan prisma.
Jawaban soal-soal tersebut di atas, kirimkan melalui email kepada Tutor Online
Anda paling lambat dua minggu setelah pengiriman inisiasi ini. Umpan balik
mengenai pekerjaan Anda dapat Anda terima paling lambat 1 minggu setelah batas
akhir pengiriman sekaligus Anda akan menerima tugas tutorial online 2 untuk
memperoleh nilai yang memiliki kontribusi pada nilai akhir Anda. Jangan segan
untuk menghubungi Tutor Online Anda jika mengalami

ASASMEN PEMBELAJARAN
TUGAS
Setelah saudara membuat rancangan asesmen pada tutorial pertama
selanjutnya buatlah instrumen dalam bentuk tes dengan terlebih dahulu Anda mebuat
kisi-kisinya. Mengenai ketentuan lainnya yang berkaitan dengan tes tersebut
diserahkan sepenuhnya kepada Anda sebagai pembuat instrumen penilaian. Tetapi
Anda wajib melampirkan kisi-kisi instrumen tes dan kunci jawaban. Langkah
berikutnya lakukan uji coba instrumen yang Anda buat untuk siswa di kelas tempat
Anda mengajar. Selanjutnya data yang Anda peroleh akan digunakan untuk kegiatan
tugas tutorial berikutnya. Selamat bekerja

PENGEMBANGAN BAHAN PEMBELAJARAN
Selanjutnya, silakan Saudara baca modul pengembangan bahan pembelajaran SD
unit IV yang Saudara pegang dengan seksama, kemudian kerjakanlah soal-soal berikut:
1. Apakah yang dimaksud bahan pembelajaran cetak?
2. Coba Anda jelaskan karakteristik dari bahan pembelajaran cetak?
3. Jelaskan berbagai macam bahan pembelajaran cetak yang dapat digunakan di SD?
4. Jelaskan langkah-langkah pengembangan bahan cetak modul?
Saudara mahasiswa, untuk mengetahui benar atau tidaknya jawaban Saudara
silakan kirim kembali jawaban tersebut melalui fasilitas yang ada. Jika ada sesuatu
materi yang belum atau kurang jelas dan ingin Saudara tanyakan, gunakanlah sarana ini
untuk menyampaikan permasalahan Saudara tersebut.
Selamat Belajar, semoga berhasil!

PENGEMBANGAN KURIKULUM
Tugas Saudara dalam tutorial ini adalah mencari jawaban pertanyaan di
bawah ini:
1. Apa perbedaan dan persamaam model konsep kurikulum antara
kurikulum humanistik dengan kurikulum rekonstruksi sosial dan
teknologis ?
2. Secara prinsip apa perbedaan model pengembangan kurikulum
Model Zais dengan model Rogers ?
3. Apa perbedaan dan persamaan pendekatan pola orientasi bahan
dengan pendekatan akuntabilitas ?
4. Apa kelemahan dan kelebihan Separate-subject curriculum,
Correlated subject curriculum, dan Integrated curriculum ?
5. Bagaimana prinsip pengorganisasian kurikulum berdasarkan
struktur vertikal?
6. Berikan komentar mengapa strategi pelaksanaan kurikulum
termasuk bidang garap yang harus dicermati secara serius dalam
pengembangan kurikulum?
Setelah selesai mengerjakan tugas-tugas di atas silahkan dikirim ke alamat email
yang saudara telah bergabung ketika Residensial sesuai dengan alamat Mail
Perguruan Tinggi tempat saudara kuliah.
Untuk membantu menyelesaikan tugas-tugas Saudara di atas, maka silahkan
Saudara membaca buku bahan ajar cetak Pengembangan Kurikulum pada unit tiga
dan unit empat.
PENGEMBANGAN PENDIDIKAN IPS
1. Antara Sains, Teknologi dan Masyarakat sangat erat kaitannya dan terdapat
hubungan interrelasi atau saling mempengaruhi baik secara positif maupun negatif.
Coba Anda jelaskan keterkaitan hubungan tersebut baik secara positif maupun
negatif.
2. Berikan contoh secara kongkrit keterkaitan antara Sains, Teknologi, dan Masyarakat
tersebut.
Setelah Anda selesai mengerjakan soal-soal di atas, silahkan jawaban-jawaban Anda
dikirimkan kepada Tutor Online Anda melalui fasilitas Online yang tersedia. Apabila ada
soal-soal atau materi-materi yang masih kurang jelas dan ingin ditanyakan, gunakanlah
sarana Online ini untuk menyampaikan permasalahan Anda. Jangan lupa masih ada satu
tugas lagi yang harus anda kerjakan dan anda kirimkan kepada Tutor Online anda. Selamat mengerjakan.
ASSESSMEN ALTERNATIF
Coba Anda pilih satu Pokok Bahasan atau Sub Pokok Bahasan yang terdapat dalam
kurikulum Sekolah Dasar tahun 2006 (KTSP). Kemudian dari Pokok Bahasan tersebut
buatlah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan pendekatan Sains Teknologi
Masyarakat (STM).

selamat datang