Jumat, 02 Oktober 2009

SOAL – SOAL INISIASI 3 SEMESTER 3

ASASMEN PEMBELAJARAN SD
Tugas
Berdasarkan rancangan asesmen yang Anda buat pada tugas tutorial pertama, buatlah
pedoman penilaian menggunakan asesmen kinerja untuk mata pelajaran yang
Saudara ajarkan dengan ketentuan sebagai berikut:
1. Tentukan Standar kompetensi, kompetensi dasar, dan indikator.
2. Tentukan kriteria yang digunakan
3. Tentukan deskripsi yang memperjelas criteria kinerja siswa
4. Tentukan jenis rubric dan skala yang digunakan
Selanjutnya lakukan uji coba instrument yang saudara buat di kelas tempat Anda
mengajar sesuai dengan standar kompetensi yang anda tentukan. Data yang Anda
peroleh akan digunakan untuk tugas tutorial berikutnya. Selamat bekerja.
Desain Tugas
Alternatif
(MK: Asesmen Pembelajaran SD)
Pengantar
Tugas tutorial ketiga ini mahasiswa diminta membuat pedoman penilaian
menggunakan asesmen kinerja. Dalam mengerjakan tugas ini mahasiswa masih
berpedoman pada rancangan asesmen yang dibuat pada saat tutorial pertama,
diharapkan mahasiswa dapat menyusun pedoman kinerja ini dapat digunakan dalam
pelaksanaan pembelajaran di sekolahnya. Mahasiswa diminta memilih dan
menentukan mata pelajaran serta standar kompetensi yang akan dikembangkan
asesmen kinerjanya yaitu membuat produk atau instrument asesmen kinerja
Tujuan: mahasiswa dapat merencanakan, memilih, menentukan, dan mengevaluasi
instrument asesmen kinerja
Deskripsi Tugas
Mahasiswa membuat pedoman penilaian menggunakan asesmen kinerja untuk mata
pelajaran yang mahasiswa ajarkan dengan ketentuan sebagai berikut:
5. Tentukan Standar kompetensi, kompetensi dasar, dan indicator, dan materi
yang akan digunakan
6. Tentukan kriteria yang akan diukur
7. Tentukan deskripsi yang memperjelas criteria kinerja siswa
8. Tentukan jenis rubric dan skala yang digunakan

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR
Selanjutnya, silakan Saudara baca modul pengembangan bahan pembelajaran SD
unit V dan dengarkan juga kaset/CD audio yang Saudara pegang dengan seksama,
kemudian kerjakanlah soal-soal berikut:
1. Apakah yang dimaksud bahan pembelajaran audio?
2. Coba Anda jelaskan karakteristik dari bahan pembelajaran audio?
3. Jelaskan beberapa kelebihan dan kelemahan dari bahan pembelajaran audio?
4. Jelaskan langkah-langkah penulisan naskah bahan pembelajaran audio?
5. Jelaskan langkah-langkah produksi bahan pembelajaran audio?
Saudara mahasiswa, untuk mengetahui benar atau tidaknya jawaban Saudara
silakan kirim kembali jawaban tersebut melalui fasilitas yang ada. Jika ada sesuatu
materi yang belum atau kurang jelas dan ingin Saudara tanyakan, gunakanlah sarana ini
untuk menyampaikan permasalahan Saudara tersebut.
Selamat Belajar, semoga berhasil!
PENGMBANGAN KURIKULUM
Sebagai tugas saudara jawablah pertanyaan di bawah ini:
1. Apa yang dimaksud dengan hakekat pengembangan kurikulum dalam
kerangka otonomi pendidikan sekolah ?
2. Sebutkan siapa saja yang terlibat dalam pengembangan kurikulum dan
apa perannya masing-masing ?
3. Apakah perbedaan antara pengembangan dan pembinaan kurikulum ?
4. Apa perbedaan pengembangan kurikulum model administrasi dengan
pengembangan kurikulum dengan model grass road ?
Inisiasi Strategi Pengembangan Kurikulum 3
5. Masalah apa yang sering muncul dalam pengembangan kurikulum di
sekolah Anda dan berikan saran anda dalam mengatasanya !
6. Apa yang dimaksud dengan standart isi pada kurikulum 2006 beri
penjelasan?
7. Apa yang dimaksud dengan hakekat KTSP ?
8. Apa fungsi standart kompetensi lulusan dalam proses pengembangan
kurikulum
Setelah selesai mengerjakan tugas-tugas di atas silahkan dikirim ke alamat email
yang saudara telah bergabung ketika Residensial sesuai dengan alamat Mail
Perguruan Tinggi tempat saudara kuliah.
Untuk membantu menyelesaikan tugas-tugas Saudara di atas, maka silahkan
Saudara membaca buku bahan ajar cetak Pengembangan Kurikulum pada unit lima
dan unit enam.
PENGEMBANGAN PENDIDIKAN IPS
Saudara mahasiswa, materi yang disampaikan di sini hanya merupakan ringkasan.
Oleh karena itu agar pemahaman anda lebih jelas lagi dan anda bisa menjawab soal-soal
berikut, silahkan anda membaca materi selengkapnya dalam unit 8.
Selanjutnya untuk memperdalam pemahaman materi di atas, silahkan anda kerjakan soal-soal
berikut ini:
1. Manusia mempunyai sifat kodrat yaitu sebagai makhluk individu dan sebagai
makhluk sosial. Jelaskan apa maksudnya.
2. Manusia sebagai makhluk sosial selalu berinteraksi dengan manusia lain. Jelaskan
apa yang mendorong manusia sehingga selalu mempunyai keinginan untuk
berinteraksi dengan manusia lain.
3. Coba bedakan pengertian status dan peran individu dalam masyarakat. Jelaskan
jawaban anda dengan memberikan contoh yang dapat membedakan mana peran dan
mana statusnya.
4. Apa perbedaan antara nilai, norma, dan pranata sosial. Jelaskan secara rinci jawaban
anda dengan memberikan contoh-contohnya.
Nah, saudara mahasiswa selamat mengerjakan soal-soal di atas agar pemahaman materi anda
lebih mendalam. Jangan lupa tugas pada assessmen alternatif juga dikerjakan. Setelah selesai
silahkan kirimkan jawaban anda kepada Tutor Online anda melalui fasilitas Online yang telah
tersedia.
ASSESSMEN ALTERNATIF
Mata Kuliah: Pengembangan Pendidikan IPS SD
Materi: Kedudukan dan Peran Individu sebagai Pribadi dan Anggota Masyarakat
(Inisiasi 3)
Tugas:
Di era globalisasi saat ini, IPTEK dan komunikasi berkembang semakin pesat dan canggih.
Perkembangan tersebut tentu saja akan menyebabkan terjadinya perubahan sosial dalam
masyarakat. Berbagai pengaruh dari luar yang masuk, di satu sisi akan berdampak positif,
namun di sisi lain akan berdampak negatif.
Dari pernyataan di atas coba anda jelaskan:
1. Apa dampak positifnya? lengkapi jawaban anda dengan memberikan contoh- contohnya.
2. Apa dampak negatifnya? lengkapi jawaban anda dengan memberikan contoh- contohnya..
3. Bagaimana solusi untuk mengatasi atau meminimalkan dampak negatif.
selamat bekerja !





selamat datang