Jumat, 13 November 2009

inisiasi 4 semester 3

INISIASI 4 SEMESTER 3

PENGEMBANGAN IPS SD
Selanjutnya untuk meningkatkan pemahaman materi diatas, silahkan anda menjawab soal- soal berikut ini:

1. Ada hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungannya. Coba anda jelaskan
dan beri contohnya.
2. Salah satu fungsi kebudayaan bagi masyarakat adalah untuk melindungi diri terhadap
alam. Jelaskan apa maksudnya.
3. Efek rumah kaca menyebabkan terjadinya kemerosotan kualitas lingkungan yang sangat merugikan kehidupan manusia. Coba anda jelaskan bagaimana dampak dari rumah kaca tersebut terhadap lingkungan dan terhadap kehidupan manusia.
4. Upaya pengelolaan lingkungan dilakukan oleh manusia untuk meminimalkan dampak yang menyebabkan terjadinya kemerosotan kualitas lingkungan. Kegiatan-kegiatan atau perangkat-perangkat apa saja yang dapat dilakukan, jelaskan secara rinci
. Nah saudara mahasiswa, selamat mengerjakan soal-soal diatas dengan harapan agar pemahaman materi anda lebih meningkat. Jangan lupa tugas dalam assessmen alternatif juga dikerjakan
ASSESSMEN ALTERNATIF
Mata Kuliah: Pengembangan Pendidikan IPS SD
Materi: Saling Ketergantungan Antara Manusia dengan Lingkungan
dan Pengaruhnya Terhadap Kehidupan
(Inisiasi 4)

TUGAS:
Saat ini seluruh penduduk di dunia termasuk Indonesia sedang mengalami perubahan iklim
yang ditandai dengan terjadinya "pemanasan global". Akibat dari pemanasan global tersebut
dirasakan sekali oleh manusia, karena sangat mengganggu kelangsungan hidup manusia.
Selain berdampak pada kehidupan manusia juga berdampak pada lingkungan.
Saudara mahasiswa, dari soal diatas coba anda analisis:
1. Apa yang dimaksud dengan "pemanasan global"?
2. Mengapa terjadi "pemanasan global"?, hal-hal apa saja yang menyebabkan.
3. Bagaimana dampaknya terhadap kehidupan manusia dan terhadap lingkungan hidup?
4. Bagaimana solusinya mengatasi "pemanasan global" tersebut ?
materi.
Saudara mahasiswa, selamat mengerjakan, kami menunggu jawaban anda. Silahkan kirim kembali jawaban anda melalui fasilitas online yang telah tersedia kepada Tutor Online anda.

PENGEMBANGAN KURIKULUM
Tugas Saudara pada tutorial ini adalah mencari jawaban pertanyaan di bawah
ini:
1. Mengapa perencanaan pembelajaran itu diperlukan dalam sekolah?
2. Identifikasilah faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran!
3. Syarat guru dalam merencanakan pembelajaran adalah harus memiliki
kemampuan analitik, memiliki kemampuan pengembangan, dan memiliki
kemampuan pengukuran, berikan penjelasan dari masing-masing syarat tersebut!
4. Faktor-faktor apa saja yang perlu diperhatikan dalam menentukan metode
instruksional?
5. Kemampuan guru merupakan pertimbangan di dalam pemilihan metode,
mengapa demikian?
6. Prinsip-prinsip apa yang harus dipegang oleh seorang guru dalam memilih
metode Pembelajaran!
7. Salah satu prinsip penilaian dalam kurikulum 2004 adalah berkesinambungan ,
jelaskan artinya!
8. Sebutkan langkah-langkah perencanaan pembeajaran!
9. Apa perbedaan antara silabus dengan perencanaan pembelajaran pada
kurikulum 1994 sebelumnya!
10. Apa silabus dalam pembelajaran memang diperlukan, jelaskan jawaban anda?
dan bagaimana prinsip pengembangan silabus?
11. Siapakah yang seharusnya membuat silabus (pengembang silabus) ?
12. Sebutkan komponen-komponen silabus dan bagaimana langkah-langkah
penyusunannya!
13. Mengkaji standar kompetensi adalah saah satu langkah penyusunan silabus. Hal-
hal apa yang harus diperhatikan dalam mengkaji standar kompetensi ini?
Setelah selesai mengerjakan tugas-tugas di atas silahkan kirim ke alamat e-
mail yang saudara telah bergabung ketika Residensial sesuai dengan alamat Mail
Perguruan Tinggi tempat saudara kuliah.
Untuk membantu menyelesaikan tugas-tugas Saudara di atas, maka silahkan
Saudara membaca buku bahan ajar cetak Pengembangan Kurikulum pada unit tujuh
dan unit delapan.

PENGEMBANGAN BAHAN PEMBELAJARAN
Selanjutnya, silakan Saudara baca modul pengembangan bahan pembelajaran SD
unit V yang Saudara pegang dengan seksama, kemudian kerjakanlah soal-soal berikut:
1. Apakah yang dimaksud bahan pembelajaran video?
2. Coba Anda jelaskan karakteristik dari bahan pembelajaran video?
3. Jelaskan beberapa kelebihan dan kelemahan dari bahan pembelajaran video?
4. Jelaskan beberapa format program bahan pembelajaran video?
5. Jelaskan langkah-langkah penulisan naskah bahan pembelajaran video?
6. Jelaskan langkah-langkah produksi bahan pembelajaran video?
Saudara mahasiswa, untuk mengetahui benar atau tidaknya jawaban Saudara
silakan kirim kembali jawaban tersebut melalui fasilitas yang ada. Jika ada sesuatu
materi yang belum atau kurang jelas dan ingin Saudara tanyakan, gunakanlah sarana ini
untuk menyampaikan permasalahan Saudara tersebut.
Selamat Belajar, semoga berhasil!



PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA
Ringkasan materi dari permutasi dan kombinasi telah semua diberikan.
Selanjutnya cobalah Anda berlatih mengerjakan soal berikut ini.
1. Sinta mempunyai 5 jenis kalung, 7 gelang dan 4 anting-anting. Tentukan
banyak kombinasi aksesoris Sinta yang mungkin dapat dipakai.
2. Siswa-siswa Tarumanegara akan mengadakan lomba busana daerah Dalam
lomba tersebut akan dipilih juara I, II, III dan peserta favorit. Lomba diikuti
oleh 115 siswa. Tentukan banyak susunan juara yang mungkin terjadi.
3. Diketahui dalam sebuah tas terdapat 10 buku yang terdiri dari 3 buku IPA, 4
buku IPS, 2 buku matematika dan 1 buku Bahasa Indonesia. Jika buku-buku
tersebut akan disusun secara berjajar di sebuah rak, tentukan banyak susunan
buku yang mungkin terjadi.
4. Dalam sebuah kardus terdapat 18 jenis mainan anak-anak. Sepuluh mainan
dari kardus tersebut akan dibagikan kepada anak-anak di sebuah panti asuhan.
Tentukan banyaknya kombinasi mainan yang mungkin terjadi.


Penyelesaian soal di atas silahkan Anda kirimkan melalui email kepada tutor online
Anda paling lambat dua minggu setelah inisiasi ini dikirimkan. Umpan balik dari dosen pengampu mata kuliah ini akan Anda terima paling lambat 1 minggu setelah batas akhir pengiriman
Selamat mengerjakan dan sampai jumpa lagi.

TETAP SEMANGAT DAN SELAMAT BELAJAR

ASASMEN PEMBELAJARAN
Tugas
Setelah Anda melakukan uji coba instrumen tes pada kegiatan tutorial
kedua, selanjutnya lakukan analisis menggunakan pendekatan PAN dengan pedoman
konversi skala 9. Sebelumnya tentunya Anda perlu melakukan beberapa tahapan
yang harus Anda lalui agar memperoleh data yang valid sebagai bahan untuk
analisis. Tahapan tersebut, seperti melakukan koreksi lembar jawaban siswa,
pemberian skor, penataan skor siswa. Selamat bekerja.
Desain Tugas
Analisis Hasil Penilaian
(MK: Asesmen Pembelajaran SD)
Pengantar
Tugas tutorial keempat merupakan kelanjutan dari tugas-tugas sebelumnya,
tugas kali ini menganalisis data hasil uji coba terutama data untuk instrumen tes.
Hasil uji coba dianalisis menggunakan pendekatan PAN dengan pedoman konversi
skala sembilan. Hasil analisis juga akan digunakan sebagai informasi untuk
mengerjakan tugas tutorial berikutnya, mengingat tujuan perkuliahan ini yaitu
mahasiswa dapat menganalisis hasil belajar siswa.
Tujuan: mahasiswa dapat menganalis hasil belajar menggunakan pendekatan PAN
dengan pendoman konversi

Deskripsi Tugas
Mahasiswa melakukan analisis hasil belajar dengan menggunakan pedoman konversi
skala sembilan. Data yang dianalisis dari hasil uji coba instrumen. Tugas yang
dilakukan mahasiswa meliputi:
1. Lakukan pemberian skor pada lembar kerja siswa
2. Gunakan skor hasil uji coba untuk dianalisis menggunakan PAN
3. Lakukan interpretasi terhadap hasil analisis
selamat datang