inisiasi 4 semester 4


INISIASI 4
BELAJAR DAN PEMBELAJARN

Selanjutnya, agar lebih luas dan mendalam pemahaman Anda tentang materi Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran yang Mendidik, Anda diminta untuk membaca Bahan Ajar Cetak Unit 4 (halaman 1 s/d 44).
Setelah Anda kaji lebih dalam materi ini pada halaman yang sudah disebutkan di atas, selanjutnya kerjakanlah soal-soal berikut:

1. Jelaskan keterkaitan antara kompetensi dasar, hasil dan indikator, pengalaman belajar, materi pokok, dan model assesmen dalam penerapan prinsip pembelajaran yang mendidik,

2. Identifikasikan dan jelaskan penerapan prinsip dan langkah perencanaan pembelajaran yang mendidik,

SELAMAT BEKERJA !

STATISTIKA PENDIDIKAN

Bagaimanakah Suadara, materi tersebut cukup mudah bukan ? Selanjutnya cobalah Saudara berlatih mengerjakan soal berikut ini.


I. 1. Bagaimana menginterpretasi validitas soal tes objektif?

  2. Berikan contoh dua variabel (selain bentuk butir tes) yang dapat dianalisis dengan korelasi point biserial?

 3. Seorang peneliti mempunyai data tentang skor kemandirian. Skor tersebut diperoleh dari 40 siswa yang terdiri dari 22 anak sulung dan 18 anak bungsu. Menurut Anda bagaimana menganalisis data tersebut bila akan diketahui keterkaitan dua variabel tersebut?

 4. Bila Anda ingin menggunakan teknik korelasi point biserial, bagaimana data yang akan dipersiapkan agar dapat dianalisis dengan tepat?

II.1. Bagaimana menginterpretasi validitas soal tes objektif?

2. Berikan contoh dua variabel (selain bentuk butir tes) yang dapat dianalisis dengan korelasi point biserial?

3. Seorang peneliti mempunyai data tentang skor kemandirian. Skor tersebut diperoleh dari 40 siswa yang terdiri dari 22 anak sulung dan 18 anak bungsu. Menurut Anda bagaimana menganalisis data tersebut bila akan diketahui keterkaitan dua variabel tersebut?

4. Bila Anda ingin menggunakan teknik korelasi point biserial, bagaimana data yang akan dipersiapkan agar dapat dianalisis dengan tepat?

Penyelesaian soal di atas silahkan Anda kirimkan melalui email kepada tutor online Anda. Umpan balik dari dosen pengampu mata kuliah ini akan Anda terima paling lambat dua minggu setelah batas akhir pengiriman. Jika Anda mengalami kesulitan atau kurang memahami materi, Anda dapat menghubungi tutor online Anda melalui email atau Anda bisa memanfaatkan mailing list yang telah disediakan. Selamat mengerjakan dan sampai jumpa lagi.
Kerajinan Pangkal Kepandaian. Semoga Sukses!



STRATEGI PEMBELAJARAN

1. CBSA mengutamakan keterlibatan siswa secara fisik, intelektual, emosial. Beri contoh kegiatan pembelajrannya.
2. Jelaskan bahwa CBSA dengan keterampilan proses ada hubungan erat dan berinteraksi timbal balik
3. Jelaskan bagaimana kegiatan guru dan kegiatan siswa dalam penggunaan metode demontrasi
PENJASKES
Ragam Gerakan dasar
A. Standar
I. Para mahasiswa akan mengidentifikasi pengetahuan tentang ragam  gerak dasar.
II. Para mahasiswa mampu menampilkan gerakan
B. Proses Standar
a. Penting perkembangan masing-masing mahasiswa
b. Para siswa akan mempertunjukkan kemampuan untuk berkomunikasi   melalui ungkapan tertulis dan praktek
c. Esensi dari pengembangan diri

Tugas
1. Buatlah sebuah skenario secara tertulis berikut gambar pola gerak  dasar
    dalam bentuk gerakan-gerakan sederhana yang bisa dibagi kedalam 3
     bentuk gerak dasar sebagai berikut :
1. Gerak lokomotor
2. Gerak non lokomotor
3. Gerak manipulatif.
2. Praktekkan skenario gerak yang telah dibuat didepan tutor pada saat  tutor
     kunjung ke 2
           
selamat datang