INISIASI 3 SEMESTER 4

PRAKTIKUM IPA

Pada pertemuan kali ini, kita akan mendiskusikan materi-materi yang ada pada Unit 3: Suhu dan Kalor, Sub Unit 2. Materi yang akan dibicarakan adalah tentang penyebaran panas secara konveksi. Setelah mengikuti kegiatan tutorial online ini diharapkan Anda akan memperoleh pengetahuan dan keterampilan tentang peristiwapenyebaran panas pada zat cair dan udara, peristiwa penguapan, dan peristiwa terjadinya angin darat dan angin laut.
Untuk memantapkan pemahaman Anda mengenai peristiwa perpindahan panas secara konveksi, Saudara harus melaksanakan tugas di bawah ini dan hasilnya penugasan tersebut segera Anda kirimkan melalui e-mail.
1. Jelaskan cara penyebaran panas pada zat cair !
2. Buatlah grafik hubungan antara lama pemanasan air dengan kenaikan suhu !
3. Jelaskan proses terjadinya angin darat dan angin laut berdasarkan konsep konveksi panas !

4. Jelaskan terjadinya peristiwa penguapan air !

BELAJAR DAN PEMBELAJARN

Selanjutnya, agar lebih luas dan mendalam pemahaman Anda tentang materi Langkah Perencanaan Pembelajaran yang Mendidik, Anda diminta untuk membaca Bahan Ajar Cetak, Unit 3 (halaman 1 s/d 42).
Nah setelah Anda kaji lebih dalam materi ini pada halaman yang sudah disebutkan di atas, kerjakanlah soal-soal berikut:

1. Buatlah matriks dan jelaskan keterkaitan antara kompetensi dasar, hasil dan indikator, pengalaman belajar, materi pokok dan assesmen dengan langkah pembelajaran yang mendidik,
2. Identifikasikan dan jelaskan langkah perencanaan pembelajaran yang mendidik,
3. Sebutkan dan jelaskan komponen-komponen penting dalam perencanaan pembel-ajaran yang mendidik,
     Nah, untuk mengetahui bagaimana penguasaan pemahaman Saudara Mahasiswa tentang materi ini, Saudara Mahasiswa dapat mengerjakan soal latihan berikut ini :
4. Jelaskan komponen mana yang harus disusun atau ditetapkan oleh  guru,
5. Rancang satu model pembelajaran menurut teori belajar konstruktivisme, dan bebas menentu-kan mata pelajaran yang dirancang model pembelajaran tersebut.
Saudara, tugas di atas sekaligus sebagai tugas yang ketiga. Oleh karena itu kerjakanlah dengan sungguh-sungguh agar Anda mempunyai nilai yang dapat dikontribusikan ke nilai akhir. Selamat belajar dan semoga sukses selalu.

STATISTIKA PENDIDIKAN
1. Apa yang dimaksud dengan korelasi positif dan korelasi negatif? Berikan contohnya!
2. Tanda apakah yang dapat kita ketahui dari sebuah Peta Korelasi, jika dua variabel mempunyai korelasi positif tertinggi atau maksimal?
3. Jelaskan definisi tentang Angka Indeks Korelasi?
4. Pengertian apa yang dapat ditarik, jika angka indeks korelasi menunjukkan angka di atas 1,00?
5. ”Bacalah” angka indeks korelasi berikut ini dan apa artinya?
Angka Indeks Korelasi = + 0, 623
Angka Indeks Korelasi = - 0, 213
Selanjutnya, penyelesaian soal di atas silakan Saudara kirim melalui fasilitas email
selamat datang