INISIASI 2 SEMESTER 4

BELAJAR DAN PEMBELAJARAN
Selanjutnya, agar lebih luas dan mendalam pemahaman Anda tentang materi Prinsip Pembelajaran yang mendidik, Anda diminta untuk membaca Bahan Ajar Cetak, Unit 2 (halaman 1 s/d 30).
Nah setelah Anda kaji lebih dalam materi ini pada halaman yang sudah disebutkan di atas, kerjakanlah soal-soal berikut:
1. Buatlah bagan dan jelaskan keterkaitan antara standar kompetensi, kompetensi dasar, hasil dan indikator, pengalaman belajar, materi pokok dan model assesmen pembelajaran yang mendidik,
2. Identifikasikan dan jelaskan prinsip dalam perencanaan pembelajaran yang mendidik,

3. Sebutkan dasar hukum yang menjadi acuan dalam merencanakan pembelajaran yang mendidik,
4. Jelaskan standar yang menjadi acuan dalam merencanakan proses pembelajaran yang mendidik,
5. Jelaskan arah dari seluruh pembelajaran di sekolah dalam prinsip pembelajaran yang mendidik,
6. Jelaskan maksud dari prinsip pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, dan

7. Jelaskan prinsip utama yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran yang mendidik.

Saudara, semua soal-soal di atas sekaligus sebagai beban tugas yang kedua. Oleh karena itu kerjakanlah dengan sungguh-sungguh agar Anda mempunyai nilai yang dapat dikontribusikan ke nilai akhir. Selamat belajar dan sukses selalu
STATISTIKA PENDIDIKAN.
Saudara Mahasiswa, ringkasan materi mengenai tendensi sentral dan variabilitas telah dipaparkan dalam pertemuan ini. Bagaimanakah Saudara Mahasiswa, cukup mudah bukan? Nah, untuk mengetahui tingkat penguasaan tentang materi tersebut, selanjutnya cobalah Saudara berlatih mengerjakan soal berikut ini.
1. Apa yang saudara ketahui mengenai tendensi sentral? Dan sebutkan macam/jenis tendensi sentral?
2. Coba saudara jelaskan dan gambarkan letak mean, median, dan modus dalam distribusi normal?
3. Jelaskan apa yang dimaksud dengan variabilitas? Sebutkan macam-macam dari variabilitas?
4. Apa saja yang saudara ketahui mengenai beberapa kelemahan range dalam variabilitas?
         Jawaban atas soal di atas harus Saudara kirimkan kepada Tutor Online Anda.

STRATEGI PEMBELAJARAN

Saudara mahasiswa ..., demikian bahasan sekilas tentang unit 3 dan 4. Agar lebih jelas, silahkan Anda membaca modul strategi pembelajaran unit 3 dan 4 yang Anda pegang dengan seksama dan membaca literatur lain tentang strategi pembelajaran bila perlu. Selanjutnya, kerjakanlah soal-soal berikut ini:
1.      Strategi pembelajaran dapat diklasifikasikan melalui empat dasar tinjauan. Sebutkan dan jelaskan keempat dasar tersebut!
2.      Coba Anda jelaskan apa perbedaan strategi pembelajaran ekspositoris dan heuristik beserta contoh pembelajaran di SD!
3.      Jelaskan keempat unsur yang dimiliki rumpun-rumpun model pembelajaran menurut Bruce Joyce dan Marsha Weil!
4.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan rasional pendekatan CBSA!
5.      Jelaskan pengertian CBSA!
6.      Jelaskan prinsip dan indikator pendekatan CBSA secara singkat dan lengkap!
7.      Anda ditunjuk sebagai pengamat ahli yang akan mengamati proses pembelajaran yang sedang berlangsung. Tentukanlah berbagai acuan yang akan Anda pakai untuk menentukan tinggi-rendahnya berbagai indikator dalam bagan Lembar Observasi berikut ini:
  1. Keterlibatan fisik murid
  2. Keterlibatan Intelektual
  3. Keterlibatan emosional
  4. Guru sebagai fasilitator
  5. Belajar eksperiensial
  6. Variasi multi metode
  7. Variasi multi media
  8. Kualitas interaksi antar murid
Saudara mahasiswa, untuk mengetahui benar atau tidaknya jawaban Anda, silahkan kirim jawaban pada tutor online melalui fasilitas yang ada. Jika ada sesuatu yang kurang jelas, gunakan sarana ini untuk menyampaikan permasalahan Anda tersebut.


selamat datang