soal - soal inisiasi 1 semester 5

 Teman teman mahasiswa bertemu kembali dalam tutorial online semester 5.
selamat mengerjakan tugas - tugas yang sudah menunggu.
good lucky!!!
PKR
1.  Buatlah sintakmatik (urut-urutan kegiatan) pengelolaan PKR apabila Anda
dihadapkan dengan situasi dimana harus melakukan pembelajaran kelas rangkap
pada  kelas II dan kelas III dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan tema
untuk kelas II dan IPS untuk kelas III, dan  tidak ada keterkaitan materi, dalam
dua  ruang kelas.
2.  Buatlah gambaran 2 contoh pola interaksi yang mungkin dapat terjadi pada
kegiatan pembelajaran kelas rangkap. Gunakan pengalaman  Anda sebagai salah
satu sumber inspirasi untuk menjawab soal ini.

            PENELITIAN PENDIDIKAN
1.  Jelaskan perbedakan antara persiapan yang harus dilakukan guru sebagai
pengajar dengan guru sebagai peneliti tindakan kelas.
2.  Jelaskan perbedakan antara pelaksanaan kegiatan guru sebagai pengajar
dengan kegiatan guru sebagai peneliti tindakan kelas.
3.  Identifikasilah kekurangan-kekurangan yang ditemukan dalam kegiatan
pembelajaran di kelas.
4.  Rumuskanlah alternatif-alternatif  upaya yang akan dilakukan untuk
memperbaiki kekurangan kegiatan pembelajaran di kelas.
           
            PROFESI KEGURUAN
1. Melalui diskusi dengan teman sejawat,  simpulkan hakekat dari istilah profesi,
professional, profesionalisme, profesionalitas, dan profesionalissi.
2. Berikan contoh-contoh bentuk pengembangan profesionalisasi keguruan.
3. Berikan  contoh perilaku guru yang tidak mencerminkan ia sebagai penyandang
profesi keguruan.
4. Berikan alasan mengapa pekerjaan guru harus professional.
5. Berikan alasan Anda perlunya profesionalisasi.
6. Berilah contoh tentang layanan profesi keguruan.

           

                        KAJIAN IPS
1.      Berdasarkan pengamatan dan penghayatan Anda dalam kehidupan praktis sehari-hari, coba Anda kemukakan berbagai contoh berkenaan dengan aspek hubungan sosial di masyarakat!
2.      Seperti telah kita diskusikan bersama, kehidupan manusia di masyarakat itu beraspek majemuk. Atas dasar kenyataan itu, cobalah Anda kemukakan suatu contoh kehidupan sosial yang merupakan hubungan aspek-aspek ekonomi, psikologi sosial, budaya dan politik?
3.      Coba Anda jelaskan bahwa pendidikan IPS menempati kedudukan penting dalam membina anak didik menjadi SDM masa yang akan datang!
4.      Dalam menyimak suatu peristiwa yang bersejarah, aspek ruang dan waktu berkaitan erat dengan peristiwa tadi. Cobalah Anda jelaskan dengan contoh-contoh pernyataan tersebut!
5.      IPS sebagai program pendidikan, tidak hanya sekedar memberikan pengetahuan sosial kepada anak didik, melainkan berfungsi lebih jauh daripada itu. Jelaskan hal tersebut dengan kenyataan hidup saat ini dan masa yang akan datang ditinjau dari fungsi IPS sebagai pendidikan!

selamat datang